Jaga Ekosistem Warga Cilongok Gelar Lomba Mancing

Minggu, 20 Agustus 20170 komentar

Suasana lomba  mancing ( Foto ; Ro )

Kabardaerahku ( Banyumas )
Ratusan masyarakat berebut memancing ikan uceng di sungai prukut/ kecamatan cilongok/ Banyumas Minggu (08/17). lomba mancing ikan uceng dengan pendaftaran lima ribu rupiah ini mendapat dorpriz serta puluhan hadiah seperti kulkas,sepeda ontel,televis ld serta hadian lainya.

Bing urip Hartono selaku panitia mengatakan, kegiatan ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ri ke 72 serta mengembangkan budaya mancing kepada masyrakat dari penangkapan ikan dengan cara dengan setrum,obat serta peledakan.selain untuk mengedukasi masyrakat ini lebih menyukai lingkungan dan sungai.ikan uceng merupakan indikator air sungai bersih dan air tidak tercemar.dengan mancing mania ini untuk menjaga sungai berikut habitatnya.


Pihaknya menggandeng kerjasama dengan Ptsae dengan keberadaan Sungai Prukut. “Sebanyak 4500 ikan mulai dari melem,dewa atau tortoso dan lainnya disebar di sungai tersebut. dengan tabur ikan ini sendiri agar keberadaan ikan di sungai ini tidak punah dan semakin banyak. Cepi suryaman kordinator posko ptsae menuturkan, pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan mancing mania yang digelar warga desa karangtengah.kegiatan ini menjadi program konservasi, sehingga warga setempat akan lebih menjaga ekosistem dan tidak merusak.


Acara mancing ikan uceng ini diikuti Ratusan warga dari berbagai usia mulai orang tua, remaja serta anak anak. bahkan para ibu ibu sengaja ikut berlomba mancing ikan uceng dengan mengajak anak anaknya. salah satu peserta ibu ibu bernama septi mengaku, ikut lomba mancing ikan uceng ini membuang penat dan cukup menghibur. ia bersama anak anaknya duduk di pinggiran sungai bersama pendaftar mancing lainya. mereka saling berebut memancing ikan uceng.


Lebih lanjut amrin ma'ruf peserta laki laki mengatakan, kegiatanamncing ini sangat mengasikan dan bisa mengenalkan kepada anak anak saya untuk melatih sabar dengan cara mancing. bahkan dengan kegiatan ini bisa saling menyapa satu sama lain serta bertemu dengan sahabat sahabat lama.


Kegiatan mancing ikan uceng ini kali pertama di gelar dan rencananya akan terus di galakan di wilayah desa karangtengah kecamatan cilongok. ikan uceng merupakan indikator air sungai yang bersih pertanda air sungai tidak tercemar. selain itu, mancing mania ini sekaligus menjaga lingkungan sungai berikut habitatnya.( Ro /  Pur )





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia