Pola Hidup Sehat Dimulai Sejak Dini

Kamis, 10 Agustus 20170 komentar

foto ; hms

Kabardaerahku (Brebes )
Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Madinah Desa Kertabesuki, Kecamatan Wanasari Brebes Saefuroh mengajak kepada peserta didiknya untuk menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-harinya. Sebab, untuk menjadi seorang pemimpin harus bersih dan sehat sebagai bentuk bagian dari keimanan kepada Yang Maha Kuasa.

Demikian disampaikan kepala PAUD Al Madinah di sela sosialisasi gosok gigi yang benar dan cuci tangan pakai sabun bersama anak-anak PAUD dan Mahasiswa KKN UPS Tegal 2017 di Desa Kertabesuki, Kamis (10/8).

Menurut Saefuroh, syarat mengerjakan sholat misalnya perlu kebersihan dan kesucian serta harus sehat. Dengan pembiasaan diri PHBS, maka akan menata dirinya sebagai manusia yang bersih dan sehat. “Allah itu Indah, bersih, sehat maka Dia mencintai keindahan, kebersihan dan kesehatan,” ujarnya.

Saefuroh melihat, anak didiknya yang berada di daerah pedukuhan yang masih minim pengetahuan tentang cara gosok gigi yang benar dan cuci tangan pakai sabun. Dengan sosisalisasi ini akan menambah pengetahuan dan tertanam sejak dini PHBS yang otomatis akan berpengaruh pada gaya hidup anak-anak kelak.

Koordinator KKN Desa Kertabesuki Eko Prasetyo menjelaskan, sosialisasi diikuti 50 Anak PAUD dan 25 orang tua anak-anak. Sebelum pelaksanaan sosialisasi, Mahasiswa KKN menyerahkan secara simbolis alat kebersihan gigi dan mulut kepada 4 Perwakilan Anak yang mengikuti kegiatan tersebut

Diharapkan, lanjutnya, peserta sosialisasi mendapat pengertian dari menyikat gigi yang baik dan benar dan demonstrasi menyikat gigi yang baik dan benar sehingga terhindar dari masalah mulut seperti gigi berlubang, carries gigi, dan lain sebagainya.

Dalam sosialisasi cara menggosok gigi yang baik dan benar disampaikan 10 cara yang benar membersihkan gigi dan mulut. Ada banyak hal yang harus di jaga jika ingin sehat dan penampilan tetap menarik. Salah satunya dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak usia dini. Oleh Karena itu menggosok gigi haruslah dengan cara yang baik dan benar.

“Sebab jika asal-asalan saja maka hasilnya tidak akan maksimal dan memberikan hasil yang kurang baik bagi gigi,” terangnya.

Sedang cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan air mengalir. Dijelaskan Eko, ada 7 langkah cuci tangan untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Dengan mencuci tangan pakai sabun baik sebelum makan atau pun sebelum memulai pekerjaan, akan menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan.

Mahasiswa KKN dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Handri menambahkan, bahwa pemahaman hidup sehat bagi anak-anak sangat penting. Selain untuk membiasakan diri hidup sehat, anak-anak yang merupakan calon pemimpin kelak, juga harus sehat demi mengabdi kepada keluarga, bangsa dan Negara.
Dosen Pembimbing lapangan Yoga Prihatin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu pilar dalam pelaksanaan KKN Posdaya UPS Tegal di bidang Kesehatan. Bidang lainya yaitu ekonomi, pendidikan dan lingkungan yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Setelah pelaksanaan demo gosok gigi dan cuci tangan, anak-anak PAUD Al Madinah diajak ke lapangan Desa setempat untuk mengikuti lomba HUT RI KE-72. Antara lain pentung pendil, joged balon, lomba membawa kelereng dengan sendok dan memasukan pensil dalam botol. Mahasiswa menyiapkan hadiah untuk peserta dan sebelum lomba dimulai Mahasiswa mengajak anak-anak menyanyikan lagu-lagu perjuangan sekaligus kembali mengingatkan nama-nama pahlawan kepada anak-anak PAUD. (ws / pur )










Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia