Rainas Cibubur 2017 Brebes Kirim 26 Anggota

Sabtu, 12 Agustus 20170 komentar

Kak Ton melepas peserta RAINAS ( FOTO ; hms)

Kabardaerahku ( Brebes )
Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes mengirim 26 peserta pada ajang Raimuna Nasional (Rainas) XI Gerakan Pramuka yang dilaksanakan pada 13-21 Agustus 2017.

Kontingen Brebes bergabung dengan satu kawasan Kwartir Daerah (Kwarda) 11 Jawa Tengah. Mereka dilepas Ketua Kwarcab Brebes H Emastoni Ezam dari Sanggar Pramuka Brebes Jumat malam (11/8) .
“Selamat berjuang di medan pengabdian, kalian adalah duta-duta pilihan Kabupaten Brebes, bawalah nama harum Brebes dengan berprestasi yang terbaik,” ujar Emastoni.

Kak Ton, demikian panggilan akrabnya, berharap agar peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan penuh semangat. Karena dengan mengikuti seluruh agenda bisa mengambil hikmah dan manfaat.

Beradaptasilah untuk bisa bergaul dengan teman-teman dengan bersilaturahmi bersama pramuka se Indonesia. Namun demikian harus tetap menjaga kesehatan dan stamina.

Kepada orang tua yang saat itu ikut menyaksikan pelepasan juga diharapkan bisa ikhlas, karena pada hakekatnya anak-anak mereka tengah belajar mandiri menuju cita-cita yang diharapkan.

Rainas XI digelar di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan dihadiri 15.000 Pramuka dari 34 provinsi dari Aceh hingga Papua.

Kak Ton menjelaskan, Peserta Raimuna Nasional merupakan pramuka pilihan dari masing-masing gudep dan telah lolos seleksi. Raimuna sendiri memiliki arti sekelompok orang yang tengah berkumpul bersama dengan segala kekuatan untuk mencapai tujuan bersama.

Berkumpulnya mereka di Cibubur, kata Kak Ton, minimal bisa langsung melihat Indonesia dengan indahnya kebhinekaanya.

Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega (usia 17-20 tahun) ini akan diisi berbagai kegiatan menarik, antara lain kegiatan di area perkemahan, berupa global development village, waktu luang, Ispec, pentas seni, festival dan karnaval, jumpa tokoh, ada juga rover challenges.

Sedang kegiatan di luar area perkemahan berupa education tour ke seluruh wilayah di Jakarta.Tour ini untuk penambahan wawasan sekaligus dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.
“Education tour Rainas lebih ditekankan pada pengabdian masyarakat dan penambahan wawasan kebangsaan. Berbeda dengan Jamnas yang memilih tempat-tempat rekreasi atau hiburan sebagai education tournya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Raimuna berasal dari bahasa Papua, yaitu dua suku kata: Rai yang artinya pertemuan dan Muna artinya pemimpin atau kepala suku.
Salah seorang peserta Shinta Elshinta Nafiisah Salma mengaku senang sebagai tim Rainas XI

Kwarcab Brebes. Dirinya bertekad akan mempersembahkan yang terbaik untuk Brebes dan akan memperluas pergaulan dan pengabdian. “Seneng sich, udah terbayang bakal mendapat teman dari seantero negeri yang tentunya berbeda latar belakang dan kebudayaannya,” ungkap Shinta yang juga anak Bupati Brebes ( Ws /Pur )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia