TNI Manunggal Keluarga Berencana Wujud Pembinaan Teritorial Bidang Sosial

Rabu, 06 September 20170 komentar

Lomba layanan KB tingkat propinsi ( Foto ; hms )

Kabardaerahku ( Brebes)
Komando Distrik Militer (Kodim) 0713 Brebes bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes mengikuti lomba layanan KB Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017.

Bertempat di Puskesmas Desa Pengempon Kecamatan Brebes Selasa (5/9) Tim penilai dari Jateng yang terdiri dari BP3AKB, BKKBN dan Kodam IV Diponegoro yang di pimpin oleh ketua TIM Mayor Inf. May Artanto  disambut secara langsung oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, SE, serta Dandim 0713 Brebes yang diwakili Kasdim 0713 Mayor Inf Ustadi Rahmad,

Kasdim 0713 Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmad mengucapkan selamat datang kepada Rombongan TIM Penilai, Ia Mengatakan Dengan datangnya Tim penilai lomba TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) di Brebes , ini membuktikan Kodim 0713 Brebes ikut berperan aktif dalam melaksanakan pendampingan dan penyuluhan kesehatan KB kepada keluarga dari kalangan anggota sendiri.
Hingga masyarakat umum sebagai tindak lanjut MoU yang dilakukan TNI dengan BKKBN yang ber komitmen  Dalam rangka percepatan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana menuju masyarakat yang sejahter,”

Sementara itu Bupati Brebes, Idza Priyanti, SE menyatakan dukungannya terhadap gerakan KB yang kini mulai digalakkan kembali, salah satunya bermitra dengan TNI.

Pelaksanaan KB kata Bupati akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembangunan secara keseluruhan karena penduduk merupakan subjek sekaligus objek pembangunan. Oleh sebab itu pertumbuhan penduduk harus dikendalikan dan dikelola dengan baik

Brebes sebagai Kabupaten Terluas ke dua se jawa tengah dengan jumlah penduduk terpadat maka Tidak ada pilihan lain kecuali mengintensifkan program KB untuk meminimalkan pertumbuhan penduduk antara lain merencanakan bangunan keluarga kecil yang sehat, sejahtera dan bahagia.

Dalam acara tersebut setidaknya 500 Peserta baru melakukan pemasangan alat kontasepsi berupa Model Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang meliputi IUD, MOW, MOP, dan implant. Selain pelayanan KB Gratis, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Sunatan Masal yang di ikuti 12 peserta dan Donor Darah.

Sementara itu  ketua tim Penilai lomba  Mayor Inf. May Artanto mengatakan,  bhakti TNI Manunggal  Keluarga Berencana dan kesehatan merupakan  metode pembinaan teritorial  dibidang sosial.

Hal itu dilakukan baik atas permintaan instansi terkait atau inisiatif sendiri  yang dilakukan secara terkoordinasi. Diutarakan melalui kegiatan  tersebutdiharapkan bisa membantu pemerintah dibidang Keluarga berencana sekaligus dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Diutarakan juga aspek penilaian meliputi  sejauh mana komitmen  Bupati dalam mendukung program KB, partisipasi  aktif SKPD terkait, keaktifan PLKB dan Babinsa dalam penyuluhan KB, capaian program  dan pelaksanaan layanan KB.

Berkait dengan penilaian kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan  hendaknya dapat menjadi tolok ukur keberhasilan program KB  yang dilakukan secara terpadu di Jawa Tengah. tandasnya seraya menambahkan  TNI khususnya Kodam IV Diponegoro  mendukung sepenuhnya program KB demi terwujudnya masyarakat Jawa Tengah yang lebih sejahtera.

Hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Staf Ahli Bupati, Camat, Danramil, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kabupaten Brebes, ketua Kartika Candra Kirana Kodim 0713 dan seluruh jajaran Kodim 0713 serta SKPD terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.(ys / Pur )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia