Percontohan Beberapa Desa Ikuti Pelatihan Sistem Informasi Desa

Rabu, 11 Oktober 20170 komentar

Pelatihan SID ( Foto : Hms )

Kabardaerahku ( Brebes )
Bupati Brebes Idza Priyanti, SE Selasa (10/10) pagi secara langsung membuka Pelatihan Sistim Informasi Desa (SID) yang digelar oleh Dinpermades Kabupaten Brebes bekerjasama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) Jakarta.

Acara yang diselenggarakan 9 hingga 11  oktober di Grand Dian Hotel  tersebut di ikuti oleh utusan masing-masing desa yang terdiri atas Kepala Desa, dan Operator IT dari Desa yang  menjadi Pilot Project atau percontohan "pengembangan Sistem Informasi Desa" (SID).

Adapun Desa yang menjadi percontohan tersebut yaitu Desa Wanatirta, desa Kedungoleng, dan Desa Cipetung kecamatan Paguyangan, desa sigambir Kecamatan Brebes, Desa Cigedog, dan Desa cikandang Kecamatan Kersana, Desa Luwung Gede Kecamatan Tanjung , serta Desa Jatimakmur Kecamatan Songgom serta desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba..


Bupati Brebes Idza Priyanti, SE dalam sambutanya menyampaikan seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, pemerintah dan masyarakat desa diharapkan mampu merespon dan memanfaatkan peluang tersebut guna mendukung pelaksanaan pembangunan di desa masing-masing.mempunyai basis data/bank data (SID) untuk menyusun perencanaan desa dan keperluan lainya.

Selain itu mereka juga diharapkan mampu mengestafetkan ilmu yang didapat kepada Desa desa yang lain. Sehingga pada akhirnya seluruh desa yang ada di Kabupaten Brebes mampu mengembangkan Sisitim Informasi Desa (SID).

Sebagai informasi , SID adalah sebuah platform teknologi informasi komunikasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID merupakan salah satu Program Kerja Kompak, dimana Kompak memfasilitasi pemerintah desa untuk membangun sistem informasi desa (SID) tersebut.

Adapun Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut antara lain Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes, Ka Dinas komunikasi Informatika dan Statistik, perwakilan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) Jakarta serta Nara sumber dan pelatih lainya.(Ys / Pur )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia