Terjadinya Banjir dan Tanah Longsor Akibat Rusaknya Hutan Lindung

Rabu, 14 Februari 20180 komentar

Muflikhin ST ( foto : ist )

Kabardaerahku ( Brebes )
Hujan yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Brebes membuat tanggul  sungai Pemali di desa Terlangu Kecamatan Brebes   meluap banjir  Senin 12/02/2018.
Kejadian yang berlangsung sekira pukul 9 pagi hingga air meluap ke jalan,serta menggenangi rumah rumah warga serta meluap ke beberapa desa di Brebes dan banjir kali ini di perkirakan lebih besar di banding banjir tahun 2017.  
Menyikapi hal itu Ketua LSM Wahana Bumi Lestari Muflikhin ST angkat bicara penyebab musibah banjir serta tanah longsor yang hampir setiap tahun terjadi di Wilayah Kabupaten  Brebes di sebabkan rusaknya infrastruktur jalan dan  saluran irigasi. 
Kondisi ini perlu menjadi perhatian kita semua dan diharapkan ada kesadaran terhadap lingkungan kita.  Banjir di wilayah Brebes, tanah longsor dan musibah rusaknya lahan pertanian, merupakan satu kejadian yang saling berkaitan dengan kerusakan kawasan hutan lindung, konservasi yang terjadi di wilayah Brebes selatan,” terangnya.
Menurut Muflikhin lahan hutan yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian dengan tanpa adanya pengawasan cenderung se enaknya, menjadikan tanaman resapan hancur baik sengaja ditebang atau tergerus banjir, lahan tegakan dengan kemiringan lebih dari 45 derajat juga jadi lahan pertanian sehingga arus air akan mengalir dengan deras. 
Daerah aliran sungai dari hulu sampai hilir dibeberapa sungai telah hancur baik tanaman penahan maupun dinding penahan sungai yg didalamnya terdapat batu batu  besar, Ini menjadi bagian pokok permasalahn yg ada saat ini. “Jelasnya.
Selain itu kepedulian masyarakat akan kelestarian lingkungan juga menurun dengan banyaknya warga  masyarakat yang membuang sampah disungai. Terlebih lagi proyek  pembangunan Geotermal yang kini tengah berlangung juga turut menyumbang terjadinya banjir mengingat kawasan hutan lindung di babat habis "ungkap Muflikhin  ( Boypurwo )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia