Hindari Tawuran SMP N 3 Wanasari Gelar Pesantren Kilat

Senin, 28 Mei 20180 komentar

Kepala SMP N 3 Wanasari Murniasih MPd ( Foto : hms )

Kabardaerahku ( Brebes )

SMP Negeri 3 Wanasaari Kabupaten Brebes Jawa Tengah menggelar pesantren kilat (sanlat) untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa. Pesanteren kilat ini dibimbing para ustadz dari luar sekolah, dengan harapan pembelajarannya benar-benar sesuai dengan tradisi pesantren.

“Kami mendatangkan ustadz pesantren sehingga bisa menularkan ilmunya sesuai dengan ajaran yang berlaku di pesantren,” ujar Kepala SMP N 3 Wanasari Murniasih MPd saat berbincang dengan NU Online di ruang kerjanya, Sabtu (26/5).

Murniasih menjelaskan, Sanlat digelar mulai Senin 28 Mei sampai 5 Juni 2018. Dalam pesantren kilat ini, siswa diajak untuk mempelajari baca tulis quran, tartil, qiroah, tahfidz dan kaligrafi. Dari lima materi tersebut para siswa memilih materi yang dikehendakinya sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

“Untuk materi ceramah, diikuti seluruh siswa secara klasikal,” terang Murniasih yang juga mantan Ketua PC Fatayat NU Kota Tegal.

Materi ceramah, lanjutnya, difokuskan pada permasalahan toharoh atau kebersihan. Karena terbukti para siswa SMP masih glepotan dalam persoalan wudlu, haid, nifas dan kebersihan lainnya. Padahal Allah SWT menyukai kebersihan maka umatnya juga harus bersih lahir dan batin.

Asih demikian panggilan akrabnya, juga bertekad menekankan pentingnya pembelajaran ahlakul karimah kepada para siswa. Sehingga siswa selagi masih sekolah maupun selepas sekolah memiliki dasar akhlak yang mulia. Tidak brutal, gampang dipengaruhi orang lain dan juga terhindar dari budaya punk maupun tawuran.

Hal ini mendasari penerapan visi sekolah yakni tinggi dalam mutu dan santun dalam prilaku. Otak boleh Jerman, tetapi hati tetap Indonesia. (wasdiun)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia