Lulusan Madrasah Garansi Generasi Berakhlakul Karimah

Kamis, 10 Mei 20180 komentar

Acara Wisuda ( foto. hms )


Kabardaerahku ( Brebes )
Direktur Pendidkan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag) RI DR Ahmad Jayadi MPd mengungkapkan bahwa lulusan madrasah menjadi garansi generasi berakhlakul karimah. Pasalnya, didalam sistem pendidikan madrasah terdapat unsur kognitif, emosi, dan spiritualitas.

“Madrasah Diniyah, merupakan penguatan Pendidikan karakter di Indonesia,” ujar Ahmad Jayadi pada wisuda akbar santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di aula Islamic Center, jalan Yos Sudarso Brebes, kemarin.

Menurutnya, sekolah umum mayoritas hanya mengajarkan sebatas kognitif saja. Sementara penerapan akidah ahlak tidak mendapatkan porsi yang signifikan. MDTA menggenapi, madrasah penyempurna dari pembelajaran agama di sekplah formal.

Untuk itu, lanjutnya, MDTA hendaknyan menjadi instrumen lembaga yang permanen bersandingan dengan tradisi kepesantrenan dengan entitas tafaquh fiddin. Didalamnya, terdapat pembelajaran syairan, nadhomam, dengan tradisi keagamaan yang kuat termasuk penerapan ahlussunnah wal jamaah.

“Lulusan madrasah, berakhlak mulia, mampu bermuamalah dengan siapapun dengan agama apapun,” tegasnya.
Dia menjelaskan, era sekarang santri internasional sudah banyak yang belajar di Indonesa. Tentu ada rahasia besar yang terdapat di pesantren pesantren Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Brebes Ahmad Sururi menjelaskan, sebanyak 632 siswa perwakilan dari 10.125 jumlah llukusan tahun 1438/1439 hijriyah diwisuda. Mereka diwisuda setelah mengikuti Ujian akhirusannah secara serentak se Kabupaten Brebes.

Di Kabupaten Brebes, yang tengah belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah sebanyak 63.284 santri yang tersebar di 297 desa dan kelurahan. Mereka diasuh oleh 4.257 dewan asatidz.
"Belum semua anak usia sekolah mengenyam pendidikan madrasah diniyah, padahal lulusan madrasah bisa menjadi generasi yang Qurani dan berakhlak karimah," ungkapnya.
Mengingat bagusnya pembentukan karakter melalui madrasah, maka dia berharap  ijazah MDTA bisa menjadi prasyarat masuk sekolah umum. (ws/ Pr)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia