Pancasila Menjadi Rumah Kita Yang Ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Sabtu, 02 Juni 20180 komentar


Peringatan Harlah Pancasila ( foto : ist )

Kabardaerahku( Brebes )
Peringatan hari lahir Pancasila, menjadi momentum untuk saling berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama. Berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati. Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

Demikian kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat menyampaikan sambutan Presiden RI Joko Widodo pada peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tingkat Kabupaten Brebes, di Islamic Center Brebes, Jumat (1/6).

Menurut Presiden, semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Pancasila menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

“Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” harap Presiden.

Pancasila juga merupakan berkah yang indah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Pancasila terlahir melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Upacara yang berlangsung tertib dan hikmat tersebut, diikuti oleh berbagai unsur masyarakat seperti TNI, Polri, Banser, pelajar, pramuka dan organisasi kemasyarakatan lainnya.
Tampak hadir Dandim o713/Brebes Letkol inf Ahmad Hadi Hariono, Sekda Brebes Emastoni Ezam, Asisten 1 Sekda Brebes Athoillah Syatori, Asisten II Sekda Moh Iqbal, para Kepala OPD dan undangan lainnya. (ws/ Pur )


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia