Ebeg Adi Wandu Budoyo Ramaikan Warga Patikraja.

Sabtu, 30 Juni 20180 komentar

Ebeg Adi Wandu Budoyo ( foto  : pur )

Kabardaerahku ( Banyumas )
Budaya Banyumasan Kuda Lumping atau Ebeg yang sudah merakyat dibumi' ngapak ' ternyata juga digemari para Waria Purwokerto Jawa Tengah.
Sebuah komunitas kesenian bernama  Adi Wandu Budoyo mencoba tampil perdana di lapangan Adhi Karsa Patikraja Kabupaten Banyumas Jum at 29 juni 2018. 

Pemandangan yang jarang terlihat tersebut cukup menyedot perhatian masayarakat setempat , mengingat selama ini kesenian ebeg kerap dimainkan laki laki atau wanita.  Namun kali ini dimainkan para waria yang dikenal ' kemayu' lenggak lenggok. 

Ketua panitia penyelenggara Sigit Widodo menjelaskan dipilihnya kaum waria tampil membawakan permainan kuda lumping, dalam upaya membina komunitas yang selama ini dipandang negatif. 

"Selama ini melihat waria selalu negatif dan saya mencoba menunjukan sosok yang positip mengadakan kegiatan budaya kesenian ebeg atau kuda lumping. Nanti nya kedepan para waria ini juga  akan mendapat pelatihan ketrampilan yang lain, untuk modal usaha mereka. 
Baik ketrampiln salon , rias pengantin atau usaha positif yang lain." terang Sigit Widodo bakal calon anggota DPR RI Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Banyumas. 

Sigit Widodo 


Acara kesenian ebeg yang berlangsung hingga sore hari itu pun berlangsung heboh. Terlihat para waria kesurupan setelah bunyi gamelan mulai ditabuh dengan irama khasnya. Bahkan puluhan penonton baik anak muda maupun tua turut kesurupan merepotkan pimpinan atau pawang ebeg Adi Wandu Budoyo  selaku penyelenggara tunggal pagelaran Kuda Lumping ( Boypurwo ) 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia