Jadikan Al Quran Sebagai Penyejuk Kehidupan Dunia Akherat

Rabu, 24 Oktober 20180 komentar

Pembukaan MTQ oleh Wakil Bupati  Brebes Narjo ( foto : hms )

Kabardaerahku ( Brebes )
Al Quran dapat menjadi penyejuk kehidupan dunia dan akherat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk membumikan Al Quran di dunia nyata, termasuk dalam berkehidupan bermasyarakat, salah satunya lewat Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ). 

Demikian disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH  mewakili Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat membuka MTQ pelajar XXXIII SD/MI, SMP/MTS dan SMK/SMA/MA tingkat Kabupaten Brebes di SMPN 3 Wanasari. Selasa (23/10).

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati berharap kepada seluruh peserta MTQ pelajar, untuk dapat memanfaatkan Musabaqoh ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan MTQ sebagai ajang untuk mengasah dan meningkatkan ketrampilan baca tulis Al Quran secara baik, benar dan penuh dengan keindahan.
“MTQ, dapat bermanfaat bagi diri sendiri, juga dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk lebih mempelajari dan mendalami Al Quran, sekaligus sebagai bentuk syiar Islam yang penuh kedamaian dan keindahan,” ucap Narjo.

“Saya pesankan agar anak-anakku dapat menampilkan kemampuannya sebaik mungkin, kita harus terus berlatih dan belajar dengan tekun,” ajaknya.
Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bas drumb oleh Wakil Bupati Brebes Narjo didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Brebes Mahrus.

Turut menyaksikan, panitia lomba, para Kepala Sekolah se-Kabupaten Brebes, Dewan Hakim, dan ratusan peserta lomba MTQ.
Pada saat itu juga dilakukan pelantikan Dewan Hakim MTQ Pelajar Tingkat Kabupaten Brebes oleh Kepala Kantor Kemenag Brebes Mahrus.   

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Rojat melaporkan, MTQ Pelajar diikuti 272 peserta. Mereka terbagi ke berbagai kategori, yakni Tartil SD/MI, Tartil SMP/MTS, Tartil SMA/SMK/MA, Tilawah SD/MI, Tilawah SMP/MTS, Tilawah SMA/SMK/MA, 1 Juz Tilawah/Tahfidz SMP/MTS, dan 5 Juz Tilawah/Tahfidz SMA/SMK/MA. 

Lebih lanjut Rojat menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya pembinaan generasi muda terutama pelajar dalam hal Tilawah dan Tahfidz Al Qur’an. Juga untuk memotivasi pelajar dalam memahami dan menghayati kitab suci Al Qur’an, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

“Lewat MTQ, mampu melahirkan pelajar yang Qurani dan berakhlakul kharimah,” kata Rojat.
“Selain sebagai wahana yang ideal untuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah serta memperkokoh persatuan dan kesatuan antar pelajar, MTQ juga dapat menumbuh rasa solidaritas sesama pelajar,” tambah Rojat.

Perhelatan ini, berjenjang dan mudah mudahan mendapatkan putra-putri terbaik tingkat Kabupaten Brebes yang selanjutnya menjadi duta Brebes di MTQ Tingkat Provinsi. (by / Pr )


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia