Pemkab Brebes Jalin Kerja Sama BPJS Ketenagakerjaan Tegal

Rabu, 17 Oktober 20180 komentar

Rapat kerja sama ( Foto : hms )

Kabardaerahku ( Brebes)
Pemkab Brebes bersama BPJS Ketenagakerjaan Tegal menandatangani perjanjian kerja sama tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di ruang rapat sekda Brebes. Senin 15 Oktober 2018.

Bupati Brebes Dalam kesempatan tersebut, diwakili oleh Sekda Emastoni Ezam, Asisten 1 Sekda Athoillah Syatori, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Tegal Cep Nandi Yunandar, Kepala Umum dan SDM Wilayah Jateng dan DIY Helmi Setiani, serta beberapa SKPD Kabupaten Brebes Hadir dalam acara penandatanganan.

MoU ini dilaksanakan sebagaimana amanah Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial (SJSN) dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), BPJS Ketenagakerjaan ditunjuk sebagai Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang menyelenggarakan program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

“Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2015, BPJS Ketenagakerjaan beroperasi penuh yang selanjutnya secara bertahap ditargetkan akan mencapai universial coverage (cakupan semesta) pada tahun 2021,” kata Cep Nandi.

Sebanyak 49.849 tenaga kerja dari 844.001 angkatan kerja (data BPJS 2014) yang ada di Kabupaten Brebes, sudah terlindungi pada program BPJS Ketenagakerjaan. “Oleh karena itu, Saya meminta kepada Pemkab Brebes berupaya melakukan perjanjian kerja sama untuk mendorong pelaku usaha agar segera mendaftarkan tenaga kerjanya, baik pada sektor penerima upah, bukan penerima upah, dan jasa kontruksi,” tandas Cep Nandi.  
  
Cep Nandi juga memohon kepada Bupati agar mendorong untuk Tenaga Kerja Harian Lepas (THL) di setiap SKPD, Tenaga Kerja BLUD di Puskesmas-puskesmas, Guru Honorer serta Tenaga Kerja di BUMDES agar terlindungi pada Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pihaknya juga telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas III Kabupaten Brebes. Sebagai tindak lanjut perlindungan nelayan yang ada di Kabupaten Brebes dalam program Pekerja Bukan Penerima Upah.

Sementara itu, Emastoni Ezam mewakili Bupati Brebes menginginkan seluruh tenaga kerja baik yang THL maupun honorer bisa masuk dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Supaya seluruh masyarakat pekerja dapat dilindungi.

Emastoni Ezam mengatakan Kabupaten Brebes dengan jumlah penduduk 1,9 juta jiwa memiliki angka kerja lebih dari 62,81 %. Sedangkan pekerja yang baru terlindungi berjumlah sekitar 46 %. “Sebaik perjanjian kerja sama harus dilandasi pelaksanaan di lapangan agar target dapat dicapai,” ujarnya.

Harapannya MoU ini bisa membawa para tenaga kerja yang ada di Kabupaten Brebes sesuai dengan program-program BPJS Ketenagakerjaan. Agar tidak seperti BPJS Kesehatan yang menyulitkan masyarakat, terutama masyarakat kecil. “Khususnya masalah dalam birokrasi, Pemkab Brebes telah mengamanatkan kepada seluruh rumah sakit untuk merevisi aturan mengenai BPJS Kesehatan yang sekarang ini,” tambah Emastoni ( By / Pt )

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia