Seni Hadroh Ramaikan Festival,Seni Budaya Islam

Senin, 22 Oktober 20180 komentar

Salah satu peserta ( foto : Hms )

Kabardaerahku ( Brebes)
Memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes menggelar Festival budaya dan seni Islam. Aneka ragam seni dan budaya islam yang digelar yakni Hadroh, Pildacil, Sakralan, Qosidah, Fashion Show Muslim, Qiroatul Qulub dan Sepakbola Api tingkat Kabupaten Brebes.

Seperti halnya, lomba Hadroh berlangsung di Islamic Centre Jalan Yos Sudarso Pasarbatang, Kec. Brebes, Minggu (21/10).

Hadroh atau memiliki nama lain Terbangan adalah kesenian islami yang telah lama berkembang di Indonesia. Hadrah yang berasal dari bahasa Arab yang berarti dzikir disertai oleh Kompang dan Rebana Kecil, merupakan syair rakyat yang memiliki unsur keagamaan contohnya, syair yang dilantunkan masyarakat Kota Madinah saat kedatangan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekah yang dikenal sebagai ‘Talla-an Badrun’ Alaina’.

Kesenian Hadroh telah melekat dengan masyarakat Indonesia dan sering digunakan untuk menunjukan kebahagiaan dan rasa syukur dalam upacara keagamaan seperti pernikahan dan merayakan datangnya Idul Fitri.

Festival Seni Budaya Islam Lomba Hadroh merupakan rangkaian dari Pawai Ta’aruf yang diadakan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H yang telah diadakan pada Selasa 13 September 2018 silam
Animo masyarakat yang sangat besar terlihat dari banyaknya jumlah peserta lomba dan penonton yang turut meramaikan lapangan Islamic Centre Brebes. Sebanyak 49 grup dari berbagai wilayah Kabupaten Brebes.
Masing-masing peserta menampilkan 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan dalam durasi waktu maksimal 10 menit.
Mereka merebutkan Juara 1 dengan hadiah Rp 2,5 Juta, Juara 2 dengan hadiah Rp 2 Juta, Juara 3 dengan hadiah Rp 1,5 Juta, Juara Harapan 1 dengan hadiah Rp 1 Juta, dan Juara Harapan 2 dengan hadiah Rp 750.000.
Juri yang dihadirkan adalah pemerhati kesenian islami di Kabupaten Brebes.

Tampak hadir Kepala Kalakhar BNK Brebes Drs H Atmo Tan Sidik, Kepala Bagian Kesra Setda Brebes Ahmad Makmun dan undangan lainnya. (nl / pr )



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia