Seleksi Tilawatil Quran Bakal Digelar di Brebes

Rabu, 21 November 20180 komentar

Rapat STQ  ( foto : hms )

Kabardaerahku ( Brebes)
Ajang pencarian bibit-bibit potensi seni baca dan menghafal Al Quran, yakni Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kabupaten Brebes 2018 akan segera digelar Pemerintah Kabupaten Brebes. Galaran tersebut bakal dilaksanakan pada 24 November 2018 di tiga tempat yaitu Pendopo Brebes, Islamic Center Brebes, dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes.

Ketua Panitia Penyelenggara STQ H Athoillah sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Kesra Setda Brebes Ahmad Ma’mun, bahwa pembukaan STQ akan dilangsungkan di pendopo Brebes. Jumlah anggota kafilah seluruhnya 357 orang terdiri dari 272 orang peserta dan 85 orang terdiri dari ketua kafilah, pelatih dan pendamping. 

“Peserta musabaqah merupakan peserta dari utusan kafilah kecamatan se Kabupaten Brebes yang telah memenuhi persyaratan dan pedoman musabaqah,” terang Ma’mun usai rapat persiapan STQ di ruang OR setda Brebes. Senin (19/11).  

Penyelenggaraan STQ Tingkat Kabupaten Brebes 2018, kata dia, merupakan suatu ikhtiar untuk dapat meningkatkan kualitas seni baca dan penghafal Al Quran serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
“STQ akan melahirkan hafidz dan qariah yang lebih bermutu. Juga sebagai sarana efektif dalam mewujudkan pengamalan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Lebih lanjut Ma’mun menjelaskan, sebanyak delapan cabang yang akan dilombakan, yakni Cabang Tilawah Anak-anak (putra/putri), Cabang Tilawah Dewasa (putra/putri), Cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah (putra/putri), Cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah (putra/putri), Cabang Tahfidz 10 Juz (putra/putri), Cabang Tahfidz 20 Juz (putra/putri), Cabang Tahfidz 30 Juz (putra/putri), dan Cabang Tafsir Bahasa Arab dan Hafalan 30 Juz (putra/putri).

“Musabaqah diselenggarakan dalam satu babak dengan sistem gugur, sedangkan pemenang ditentukan berdasarkan rangking nilai yang ditentukan oleh dewan hakim. Apabila terdapat dua atau lebih finalis yang memperoleh nilai yang sama, maka pemenang ditetapkan berdasarkan musyawarah mufakat dewan hakim,” tandas Ma’mun.

Sementara itu, Koordinator Seksi Musabaqah yang diwakili Faedurrahim mengatakan, persiapan musabaqah telah mencapai 90 persen, tinggal menunggu daftar peserta yang dikumpulkan dari seluruh Kecamatan.
“Oleh karena itu, perlu diadakan rapat lanjutan mengenai teknikal perlombaan agar persiapan STQ benar-benar maksimal,” imbuh Faedurrahim.
Rapat diikuti seluruh panitia STQ Tingkat Kabupaten Brebes 2018. (by. ws / Pr )

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia