Agar Bisa Buat Berita, Humas Brebes ikut Pelatihan Jurnalistik

Rabu, 26 Desember 20180 komentar

Suasana Pelatihan Jurnalis ( Foto : hms )

Kabardaerahku ( Brebes)
Akibat tidak sanggup membuat rilis berita, staf humas dan komunikasi public Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Brebes mengikuti pelatihan Jurnalistik. Mereka digembleng oleh Wartawan harian Suara Merdeka agar mahir menulis berita. Sehingga bisa meningkatkan kapasitasnya sebagai wartawannya pemerintah.

“Kami sengaja mengajak kru Humas untuk mengikuti mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Suara Merdeka Network (SMN), agar mahir membuat rilis berita,” ujar Kepala Dinkominfotik Brebes Johari saat membuka acara pelatihan jurnalistik di Kompleks Rumah Makan Koboy Margadana Tegal, Rabu (26/12) Siang. 

Menurut Johari, acara yang diadakan Suara Merdeka Perwakilan Tegal dengan tema "Pelatihan Jurnalistik Untuk Humas Pemerintah" digelar khusus untuk karyawan Humas dan Komunikasi Publik Dinkomfotik Brebes.  Johari memandang perlu Kru Humas memiliki basic ketrampilan Jurnalistik seperti halnya awak media lainnya. 

Dia menekankan agar Kru humas mampu menyajikan berita atau informasi yang aktual dan sesuai fakta yang ada dilapangan. 
“Humas itu mitra atau partner awak media, jadi harus memiliki ilmu yang sejajar dengan mereka,” tandasnya. 
Ketua Panitia yang juga Kepala Perwakilan Suara Merdeka Perwakilan Tegal Agatha Asri menjelaskan, sebanyak 12 peserta mengikuti pelatihan itu. Adapun narasumber Wartawan Senior Suara Merdeka Bayu Setiawan

Dalam paparannya, Bayu menegaskan agar staf Humas yang bekerja di lingkungan Pemkab Brebes harus mahir bikin berita. Karena pada hakekatnya, berita yang ditulis humas sangat dibutuhkan oleh rekan rekan wartawan. 

Sebab wartawan juga mengalami kesulitan waktu untuk meliput kegiatan pemerintahan yang sangat padat dan lokasinya sulit dijangkau. Kehadiran humas bisa mengisi kekurangan berita yang harus digali oleh wartawan. Untuk itu, kru humas harus meningkatkan kompetensi. Baik soal pengambilan data, kepenulisan hingga penggambilan foto yang baik. 

“Dengan kian meningkatnya kompetensi maka tenaga liputan akan berdampak pada peningkatan kualitas penyampaian dari capaian pemerintahan. Karya yang dihasilkan pun sesuai dengan kode etik dan aturan yang ada,” tutur Bayu.

“Ratting berita memang bagus jika eksklusif. Tapi lebih Bagus lagi jika Judul dan isi dari berita tersebut bisa menarik minat si pembaca,” tegas Bayu.

Dalam pelatihan itu, para peserta diberikan pengetahuan singkat seputar tata cara produksi/pembuatan release berita yang baik dan benar, serta tata cara mengambil foto jurnalistik yang baik.  

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dinas Kominfotik Kab. Brebes Zuhdan Fanani SH, Kabid Informatika dan Aptel Andri Firdaus SH MPd, serta Kabid Komunikasi dan Kehumasan Lusiana Indira Isni S Sos M Ikom seta Kasi Humas dan Komunikasi Publik Wasdiun SIkom. (Otz/Pn/Ws/ Pr)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia