Banyak Yang Tak Paham DWP Dilatih Merawat Jenazah

Rabu, 25 September 20190 komentar

Pelatihan merawat jenazah  ( Foto : hms )

Kabardaerahku ( Brebes)
Masih banyaknya anggota Darma Wanita Persatuan (DWP) yang awam merawat jenazah, menggugah pengurusnya menggelar pelatihan.Praktek Merawat Jenazah. 

Diharapkan, para peserta memiliki ketrampilan merawat Jenazah. Sehingga bisa membantu seorang Lebe atau Modin yang mayoritas laki-laki.

"Kita harus memiliki ketrampilan merawat Jenazah, untuk membantu Lebe di lingkungannya masing-masing,' ujar Ketua DWP Kab Brebes Ny Sri Amini Djoko Gunawan saat mebuka pelatihan di Pendopo Bupati Brebes, Selasa (24/9).

Sri Amini menjelaskan, kegiatan ini sebagai rangkaian memperingati HUT ke-20 Dharma Wanita Persatuan Kab Brebes 2019.

Selain  itu, digelar pula lomba paduan suara Lagu Hymne dan Mars DWP serta lomba ketrampilan dari limbah plastik.

Sebagai narasumber H Miftahudin SAg yang juga Guru MTs Negeri 2 Brebes. Menurutnya, kewajiban umat Islam terhadap jenazah yakni memandikan, mengkafani, menyolati dan mengubur/memakamkan jenazah.

Dia memaparkan, untuk mengkafani jenazah yaitu dengan kain kafan minimal satu helai dan disunahkan jenazah Laki-laki 3 helai sedangkan Jenazah perempuan 5 helai.

Perlu diperhatikan, lanjutnya, dalam mengkafani jenazah kain kafan berwarna putih dan sesederhana mungkin jangan yang tembus pandang.

Diatas kain kafan diberi minyak wangi dan kapur barus yang sudah haluskan.

Ada pun potongan kain kafan terdiri dari pembungkus ukuran 200 cm, bawahan ukuran 100 cm, celana dalam  ukuran 100 cmx40 cm, baju  ukuran 120 cm dan kerudung ukuran 100 cm.

Selanjutnya, para peserta mengikuti praktek mengafani jenazah. Para peserta yang berasal dari utusan DWP 17 Kecamata, DWP SKPD di lingkungan Pemerintah Kab Brebes. (BS /  Purwanto )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia