Hari Agraria, Pelayanan Pertanahan Berbasis Elektronik

Selasa, 24 September 20190 komentar

Berfoto bersama   (  Ft : hms )

Kabardaerahku ( Brebes )
Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat secara transparan, Kementrian Agraria dan Tata Ruang RI menggagas program transformasi digital. Lewat digitalisasi, layanan pertanahan dapat diakses oleh masyarakat secara elektronik dimana saja kapan saja, sehingga menjadi efektif, efisien dan transparan.

Demikian anara lain sambutan Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofian A Djalil, yang dibacakan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH  pada upacara HUT Agraria ke-59 di halaman kantor setempat, Selasa (24/9).


Menurut menteri, saat ini ada empat layanan elektronik yang dapat diakses meliputi Hak Tanggungan, layanan informasi, Zona Nilai Tanah, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah dan informasi bidang tanah.


Selain itu, kementerian terus mendorong pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) guna memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan investor dalam berusaha, dan terus mengembangkan layanan online bidang tata ruang dengan nama Geographic Information System Tata Ruang (GIS Taru).
Sofyan Jalil juga berharap rancangan undang undang pertanahan yang sedang disusun dalam upaya memberikan kepastian dan payung hukum bagi perbaikan pelayanan pertanahan yang maju dan modern dapat segera diselesaikan.


Upacara yang diselenggarakan di Halaman Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Brebes tersebut dihadiri oleh Jajaran Forkompimda, Kepala SKPD Kabupaten Brebes, Pimpinan BUMD  serta seluruh jajaran Badan Pertanahan Brebes dan tamu undangan lainnya.


Secara pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Brebes Idza Priyanti SE MH juga mengucapakan selamat Hari Agraria dan tata ruang sekaligus memberikan doa  baiknya kepada seluruh jajaran Badan Pertanahan Brebes dan berharap kedepan BPN Brebes akan bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat.

Idza juga mengucapkan bayak terima Kasih dan sangat mengapresiasi kinerja jajaran BPN Brebes yang telah melayani pembuatan Sertifikat Hak Atas Kepemilikan Tanah bagi masyarakat Kabupaten Brebes.

Dalam kesempatan tersebut Idza menyerahkan Sertifikat Hak atas kepemilikan sebidang tanah secara simbolis kepada lima orang yaitu atas Nama PT Pegadaian (Persero), atas Nama Takril, atas Nama Drs. Alwi Makmuri Dkk, Moh Sodikin Dkk serta atas nama Nasor


Usai upacara Bupati melakukan potong tumpeng nasi kuning yang kemudian diberikan kepada Kepala Badan Pertanahan Brebes Triyono sebagai bentuk ucapan selamat atas peringatan Hari Agraria dan tata ruang Tahun 2019. (Ys. Ws /  Pur  )

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia