Cegah Konflik Sosial Dengan Duduk Bersama

Kamis, 19 Desember 20190 komentar

Silaturahmi forkopimda ( foto:hms )

Kabardaerahku( Brebes )
Duduk bersama, menjadi sara efektif untuk mencegah konflik sosial. Karena bisa saling berembug dan mencari solusi jitu apa yang harus diperbuat untuk mencegah konflik yang terjadi di tengah tengah masyarakat, khususnya menjelang hari natal dan tahun baru. Termasuk para tokoh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Brebes, Forkopimda, tokoh lintas agama hingga aparat keamanan.

Sebagaimana yang dilakukan Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol), mengajak berbagai elemen masyarat duduk bersama dalam tajuk peningkatan kapasitas masyarakat sipil dalam penanganan konflik sosial di Gran Dian Hotel Brebes, Rabu (18/12).

Mewakili Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT membuka acara yang diikut Tim Terpadu Penanggulangan Konflik Sosial dan seluruh perwakilan tokoh lintas agama, dan elemen masyarakat lainnya dalam suasana gayeng.

Bupati Brebes dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Brebes mengatakan, sampai saat ini Kabupaten Brebes secara umum dalam keadaan dinamis, aman dan damai. Terciptanya kondisi demikian, tidak lepas dari kerja keras semua pihak termasuk Forkompimda yang telah melaksanakan peran masing-masing dengan baik.
Namun demikian, lanjutnya, perlu waspada terhadap dinamika yang terus berjalan di tengah-tengah masyarakat. Karena tidak menutup kemungkinan berpotensi terjadinya konflik sosial, untuk itu perlu dicegah sejak dini.

“Kita harus berpartisipasi aktif melakukan pencegahan dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang kita miliki,” ajak Bupati.
Bupati berharap, pertemuan ini menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi terciptanya rasa aman dan damai di seluruh wilayah Kabupaten Brebes. 

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Brebes Slamet Arjono mengatakan, maksud dan tujuan pertemuan tersebut antara lain membangun kesepahaman, kesamaan dan keterpaduan visi misi persepsi antara aparatur dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu, untuk mewujudkan dan meningkatkan kordinasi keterpaduan serta sinergitas antar unsur pemerintah dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, demi terpeliharanya keamanan, ketentraman, ketertiban dan terciptanya situasi yang aman Kondusif.

Slamet Arjono menambahkan, membangun komuniikasi antar aparatur pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat dapat secara cepat merespon semua permasalahan yang berpotensi menimbulkan konflik sosial.
Hadir dalam acara tersebut Setda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Asisten I Setda Brebes Athoillah MSi, Wakapolres Brebes Kompol M Faizal Perdana, Perwakilan Kodim 0713 Brebes Kapten Inf Kunpriyanto, serta Kepala Kantor Kesbangpol Slamet Arjono, dan undangan lainnya. (Ya/ Ws /Pur )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia