Merawat Kebhinekaan Sebagai Pemersatu Wujud Integrasi Nasional

Sabtu, 30 November 20190 komentar

Sosialisasi 4 pilar  ( Foto ; Ist )
Kabadaerahku ( Brebes)
“Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua adalah semboyan bangsa indonesia. Dengan Bhineka Tunggal Ika Indonesia mampu mempersatukan berbagai keragaman suku, budaya, ras, bahasa daerah, suku bangsa agama dan kepercayaan.

Bangsa Indonesia lahir dari suatu proses sejarah pertumbuhan dan perjuangan yang panjang, kemudian menegara sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat melalui Proklamasi 17 Agustus 1945. Kemerdekaan bangsa membawa konsekuensi logis pada pergaulan antarbangsa yang sekaligus menghendaki pelibatan diri ke dalam pembangunan tata kehidupan dunia yang harmonis menuju kesejahteraan umat manusia.

Hal itu dikatakan H. Agung Widyantoro SH. M.Si anggota MPR RI Dapil IX saat Sosialisasi Empat Pilar bersama sekira 200 tokoh masyarakat serta Kelompok Tani Tegal Selatan Kota Tegal 30 Nopember 2019.

Dijelaskan Agung, Indonesia ditandai oleh keberadaan lebih dari 200 etnis dan suku bangsa, sekitar 400 bahasa, serta bermacam agama yang dianut oleh rakyatnya merupakan faktor yang melahirkan perbedaan-perbedaan kepentingan dan tujuan setiap kelompok masyarakat,

Keberagaman atau kehidupan lingkungan majemuk bersifat alami dan merupakan sumber kekayaan budaya bangsa. 

Setiap perwujudan mengandung ciri-ciri tertentu yang membedakannya dari perwujudan yang lain. 

Tidak mungkin satu perwujudan mengandung semua ciri yang ada karena bila hal itu terjadi, dia akan menjadi maha sempurna, padahal yang maha sempurna adalah Tuhan" terang Agung .

Perbedaan yang ada menurut Agung dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebenarnya untuk memenuhi kepentingan bersama agar rakyat dapat hidup sejahtera. Pada pertemuan tersebut juga diadakan sesi tanya jawab dan beberapa petani mengeluhkan kebijakan Presiden yang dinilai belum berpihak kepada masyarakat kecil kususnya petani, seperti kebijakan impor beras. Terima kasih atas bantuan pak agung tempo lalu terkait dengan pertanian, namun kalau bisa mesin pertanian lebih disesuaikan dengan  kebutuhan petani guna tingkatkan produksi  " ujar salah satu petani. Memaknai perwujudan dari keragaman di dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yaitu terdiri dari berbagai suku bangsa, selain itu terdiri dari bermacam-macam budaya diantaranya religi/keagamaan, kesenian daerah yang terdiri dari Pertunjukan Rakyat, Lagu Daerah,Tarian Daerah, Alat Musik Daerah, Rumah Adat, Pakaian Adat Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika tersebut mempunyai peran terhadap bangsa Indonesia yaitu agar menjadi bangsa yang berhasil mewujudkan integrasi Nasional di tengah masyarakatnya yang majemuk. Dan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika juga diharapkan sebagai landasan atau dasar perjuangan untuk mewujudkan persatuan, kesatuan bangsa Indonesia agar dikenal di mata dunia sebagai bangsa yang multikulturalisme.(Boypurwo)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia