OJK Sasar Kalangan Pelajar Agar Nabung

Sabtu, 14 Desember 20190 komentar

OJK bareng Bupati ( Foto : Hns )

Kabardaerahku ( Brebes )
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal melaunching Gerakan Indonesia Menabung (GIM) sebagai upaya mendorong budaya menabung dan memperluas akses keuangan khusunya bagi para pelajar. Diharapkan, program simpanan pelajar (Simpel) diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai Surat Edaran nomor 5811/D HK/2019 tentang program simpanan pelajar.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH pada launching GIM di Alun-alun Brebes, Sabtu (14/12).

Menurut, Provinsi Jawa Tengah ditetapkan sebagai daerah pilot proyek GIM. Karena Provinsi  Jawa Tengah potensinya paling besar di tanah air, meliputi pertumbuhan ekonominya, SDMnya, pertanian, kelautan, dan lainnya.

GIM juga ditetapkan dalam Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah nomor 500/0020798 tanggal 30 september 2019 perihal gerakan indonesia menabung dengan sasaran prioritas pelajar SMP/MTS/setingkat. Dengan adanya gerakan indonesia menabung, diharapkan masing-masing pelajar di Jawa Tengah dapat memiliki rekening tabungan atau yang dapat disebut one student one account.

"Hari Senin ditetapkan sebagai hari menabung di kalangan pelajar wilayah Jawa Tengah, sehingga seluruh pelajar dapat menyetorkan dana rekeningnya masing-masing setiap Senin," jelas Bupati.

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo turut mendukung gerakan budaya menabung ini dengan menetapkan tanggal 20 Agustus sebagai Hari Indonesia Menabung sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 26 tahun 2019 tentang hari Indonesia Menabung.

"Pemerintah Kabupaten Brebes telah menetapkan kampanye Gerakan Indonesia menabung melalui surat edaran Bupati Brebes nomor 580/4046 tahun 2019 tentang program simpanan pelajar," tandas Idza.

Bupati berharap, kepada seluruh pelajar SMP/MTS/setingkat masing-masing agar memiliki rekening tabungan di bank, baik bank umum maupun BPR, baik yang konvensional maupun syariah. Menabung di bank tentunya lebih aman karena dijamin oleh lembaga penjamin simpanan.

"Selain mendorong budaya menabung, dengan menabung di bank anak-anakku dapat mengenal lembaga jasa keuangan formal yang dapat digunakan lebih lanjut saat pelajar beranjak dewasa," pungkas Idza.

Koordinator GIM eks Karisidenan Pekalongan Fuji Atmoko yang juga Kepala BNI Cabang Tegal mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Gubernur Jawa Tengah dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan seluruh jajaran pimpinan Perbankan di Jawa Tengah pada 13 September 2019, yang telah dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama pencanangan hari Indonesia Menabung. Dan Provinsi Jawa Tengah ditunjuk sebagai pilot project GIM.

Implementasi dari kegiatan ini, maka OJK, Bank Indonesia dan lembaga jasa kuangan menyelenggarakan sinergi aksi GIM. Tujuanya untuk mewujudkan kepemilikan rekening oleh seluruh masyarakat Indonesia khusunya pelajar sebagai bentuk komitmen lembaga jasa keuangan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tabungan kepada perwakilan pelajar dan diserahkan piagam oleh OJK regional III Jawa Tengah dan DIY kepada SMP Negeri 3 Brebes atas prestasinya dengan pembukaan rekening tabungan terbanyak.

Launching Gerakan Indonesia Menabung di Kabupaten Brebes di ditandai pemukulan Drum oleh Bupati Brebes dan Wakil Bupati Brebes didampingi Kepala OJK wilayah Tegal.
Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Brebes, Sekda Brebes, Forkopimda, para kepala SKPD, Para Kepala Pimpinan Cabang Perbankan dan BPR, para kepala sekolah dan pelajar SMP DAN MTS yang sebelumnya dilaksanakan senam bersama.  (Ag/  Ws /  Pur )

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia