Ratusan Seniman Ramaikan Rest Area

Minggu, 22 Desember 20190 komentar

Pameran lukisan  ( foto; Hms )

Kabardaerahku ( Brebes )
Rest Area KM 260 Banjaratma Brebes kini tak lagi sekedar tempat persinggahan pengguna Tol Trans Jawa  saja. Eks pabrik gula yang sarat sejarah dan heritage itu, menjadi wadah untuk menggelar berbagai kegiatan. Baik kegiatan promosi budaya, pariwisata hingga produk unggulan daerah. Saat ini, Pasar Seni Lukis Nasional (PSLN) sedang berlangsung di rest area tersebut.

Deretan stand galeri lukis dari seniman lukis atau perupa se Nusantara memamerkan karya terbaiknya. Sesuai tema PSLN yaitu Lintas Batas, selain menghadirkan perupa dari lintas penjuru Indonesia, juga lintas usia. Berlangsung mulai 21 Desember 2019 sampai 3 Januari 2020.

"Singgahnya para seniman nasional di Kabupaten Brebes di penghujung tahun ini, akan membawa manfaat dan semangat khusunya bagi milenial yang hobi dan berbakat melukis," ucap Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat membuka PSLN, Sabtu (21/12) malam.

Idza berharap, seniman yang ada juga harus selalu semangat dan giat untuk mengekspresikan dan menginovasi lukisannya. Terlebih dia mendapat cindera mata berupa lukisan Semar dari pihak penyelenggara.

"Sekilas saya melihat satu lukisan di sini sungguh luar biasa, dengan jiwa seni yang tinggi, sebuah karya lukis seakan-akan hidup," ucap Idza.

Idza merasa bangga serta akan selalu mendukung kegiatan yang merupakan ekspresi jiwa tersebut. Karena jiwa seni menandakan kebebasan, namun tetap ada batasannya.

Pelindung PSLN Yani Sapto Budoyo, menyampaikan terima kasih para seniman telah diberi sarana yang luar biasa nan indah, rest area KM 260 Banjaratma Brebes.

"Alhamdulillah, saya bangga di Brebes ada pameran lukisan nasional, semoga kota Brebes juga bisa menjadi Kota Budaya setelah Jogja. Dan mudah-mudahan pelukis Brebes bisa menjadi pelukis kenamaan di Indonesia dan Internasional," ucap Yani.

Kata Yani, event tesebut rencananya akan digelar setiap tahun, apalagi tempat ini menjadi lalu lintas masyarakat Indonesia, rest area ini telah menjadi primadona.

"Ada sekitar 30 lebih kawan-kawan seniman lukis dari Jawa, Sumatera dan Bali menjadi bagian PSLN kali ini," jelasnya.

Pembukaan PSLN ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati Brebes, disaksikan Kepala Disporapar Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi, Asisiten 1 Sekda Brebes H Athoillah Syatori, Ketua Dekranasda Brebes H Warsidin MH, Kepala OPD Brebes, Forkopimcam, pelaku dan penikmat seni lukis, serta pengunjung rest area.

Usai membuka, mereka berkeliling melihat lihat ratusan karya seniman lukis Nusantara. (By/ ws / Pur )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : | Creating Website | Boy | Kabardaerahku | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Kabar Daerahku : Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Kabardaerahku
Proudly powered by BanyumasMedia